Kamis, 02 April 2020

CARA PASANG PEGAS / SPRING GROUNDING KUBIKEL SIEMENS 8BK20

Selamat malam.

Terimakasih saya ucapkan kepada , Dokter, perawat dan tenaga medis lainnya yang tengah berjuang untuk menyembuhkan pasien positif covid 19. Dan juga kepada pemerintahan yang tengah berjuang, masa-masa yang sangat sulit untuk menyelamatkan setiap orang dari pandemi ini dan juga mempertahankan ekonomi negara.

Dilapangan jika teman-teman operator GI maupun Tim Har GI / Distribusi pernah mengalami masalah pada Kubikel Siemen Type 8BK20 pada grounding, saya mempunyai pengalaman dalam salah satu permasalahannya.



Kubikel yang kami kerjakan merupakan kubikel spare dan tidak ada kabel, akan dipersiapkan untuk penyulang. CB sudah posisi rack out sempurna dan kita akan masukkan grounding. Namun pada saat proses grounding stang bisa diputar tapi pisau grounding tidak bergerak. Setelah kami periksa ternyata As dan penggerak pisau grounding tidak nyambung, untuk mengatasi hal ini kami lakukan pengelasan. Untuk safety pekerjaan pasanglah grounding lokal terlebih dahulu.


Material dari AS dan penggerak pisau grounding ini adalah besi jadi bisa dilas seperti biasa. Untuk prosesnya tinggal buka tutup belakang kubikel dan bisa langsung dilas , sebelumnya tutup terminal sekunder CT dengan kain/lap agar percikan api las tidak merusak kabel sekunder CT tersebut



Setelah proses pengelasan selesai kami coba untuk mengoperasikan DS Grounding kubikel. Pisau DS groundingnya mau bergerak namun tidak ada hentakan, berarti ada masalah dengan spring / pegasnya. Dan benar saja pegas / spring  lepas dari  rumahnya. Ini sesuatu yang cukup sulit dikerjakan.

Karena kubikelnya tidak ada kabel 20 kV jadi posisi kerja masih ada ruang gerak. Tetapi bagi teman-teman jika mau lebih nyaman lagi bisa membuka Spot bushing finger phasa T agar ruang kerja lebih nyaman.

Kubikel Siemen jenis 8BK20 ditempat kami memang sering mengalami masalah ini. Sudah ada 3 kali kejadian pegas grounding nya lepas. Penyebabnya adalah clip pengunci nya lepas, sehingga saat dioperasiakan pegas tersebut bisa lepas dari posisinya. Pegas grounding ini berfungsi untuk menghentak sehingga pisau grounding bisa masuk ke fix finger grounding dengan sempurna. 

Untuk memasang pegas grounding tersebut maka plat penghubung ke bawah dilepas seperti foto dibawah ini :



Gunakan senter kepala agar kerja lebih nyaman. Setelah clip yang didalam lingkaran terbut dilepas, pinnya bisa dilepas dengan cara didorong kebelakang. Setelah itu pegas bisa dipasang pada rumahnya dengan cara menggerakkan plat yang baru kita lepas ke posisi atas maksimal. Stang grounding pada panel depan sebaiknya tidak dimasukkan dulu agar mudah pemasangan pegas.

Setelah pegas terpasang gunakan clip yang dibawah untuk mengganti clip pada pegas yang hilang. Untuk pemasangan pin plat yang dibawah bisa gunakan kabel NYA 2.5 mm sebagai pengganti clip.







Pegas DS grounding

Setelah selesai pekerjaan kami coba operasikan DS Grounding. Pisaunya kami lumasi dengan grease agar lebih mulus keluar masuk.
Sampai saat ini DS Grounding tersebut masih bisa dioperasikan dengan normal.

Salam berbagi
Ariana
 Suksma









Tidak ada komentar:

Posting Komentar