Megger MIT 1025 |
Pemeliharaan Busbar kubikel 20 kV sangat jarang dilakukan karena diperlukan manuver banyak penyulang. Jika N-1 trafo tenaga pada GI tidak terpenuhi ini sulit untuk dilaksanakan. Untuk pemeliharaan Busbar 20 kV yang perlu dipadamkan yaitu Bay trafo terkait dan Busbar 20 kV.
Untuk keamanan pelaksanaan pekerjaan pastikan LOTO diterapkan pada Bay trafo terkait dan masukkan grounding busbar, biasanya terletak pada kubikel VT Bus dan Kubikel Bus riser. OK untuk safety pekerjaan pastinya teman-teman sudah tau semua.
Tahun 2020 adalah pengalaman pertama saya dalam pemeliharaan busbar. Ok, study kasus pada kubikel Schneider type MCset. Dalam pemeliharaan Busbar yang dilakukan adalah
- Pembersihan dengan vacuum cleaner
- Pengujian tahanan kontak dari ujung ke ujung
- Pengujian tahanan isolasi busbar
Yang terdapat masalah adalah hasil uji tahanan isolasi busbar yang rendah yaitu
- R- Ground = 225 MΩ
- S - Ground = 282 MΩ
- T - Ground = 534 MΩ
Tegangan uji 10 kV selama 15 detik
Kesimpulan hasil uji rendah karena jika dibandingkan ditempat lain hasilnya bisa diatas 3 GΩ bahkan saat SAT hasilnya sekitar 25 GΩ. Jika mengacu standar VDE yaitu 1kv = 1 MΩ, maka hasil uji diatas masih aman.
Setelah dilakukan pemisahan beberapa busbar kubikel ditemukan 1 kubikel spare yang menyebabkan hasil uji tahanan isolasi rendah. Setelah dipisah busbar yang lain diuji ulang hasilnya sekitar 8-10 GΩ untuk phasa - ground.
Karena waktu padam terbatas kita lakukan penormalan sistem dengan kondisi busbar kubikel spare dipisah dan dikerjakan pada lain hari.
Pada kubikel schneider type MCset Busbarnya tidak menggunakan isolator tumpu melainkan langsung pada suppor bushing. Kami menyebutnya support bushing (isolator female untuk finger CB) jika namanya salah silahkan coment di bawah ya...
Untuk perbaikannya dilakukan pembongkaran, support bushingnya dilepas kemudian dicuci dengan sabun, karena saat dilepas permukaannya seperti berminyak, kemudian dijemur atau bisa dipanaskan dengan hot gun sampai kering.
Sebelum dipasang kembali dilakukan pengujian tahanan isolasi dibawah, hasilnya secara keseluruhan rata-rata adalah 30 GΩ. kemudian dipasang kembali pada kubikel dan plat penghubung busbarnya dipasang kembali
Hasil uji support bushing setelah dibersihkan dan terpasang kembali :
- R- Ground = 66 GΩ
- S - Ground = 86,7 GΩ
- T - Ground = 70.3 GΩ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar