Senin, 11 Desember 2017

Cara Memperbaiki Instalasi Listrik Rumah Yang Konslet atau Padam


Wa : 087864287489

Jika berhasil memperbaiki sesuatu sangatlah senang rasanya. Setidaknya kita bisa memperbaiki mulai dari masalah-masalah yang sering terjadi pada rumah tinggal. Salah satunya adalah masalah instalasi listrik. Setidaknya kita berusaha dahulu sebelum memanggil tukang listrik. Masalah instalasi listrik tidak semuanya rumit. Baik saat ini saya akan berbagi secara awam untuk mengatasi beberapa masalah instalasi listrik.









  1. Listrik Padam Tiba-tiba
 Saat anda sedang asyiknya main PES tiba-tiba listrik padam maka hal yang dilakukan adalah
  • Periksa apakah MCB pada Kwh Meter dan PHB/Sekring ada yang OFF, jika ada tinggal naikkan. Jika OFF kembali matikan dulu beberapa barang elektronik seperti kulkas, tv atau setrika
  • Jika MCB pada Kwh Meter dan PHB/Sekring tidak ada yang OFF maka lihat pada layar Kwh Meter apakah pulsanya habis.... Ini yang paling sering terjadi
  • Padam dari PLN, anda bisa lihat pada layar Kwh Meter jika tidak ada tulisan/angka maka listrik padam dari PLN. Tugas anda memastikan ke PLN dengan menghubungi call center pln = (kode area)123 . Pastikan memang ada pemadaman di daerah anda. Karena bisa jadi ada gangguan pada kabel diatas rumah anda atau di tiang listrik yang mengarah ke rumah anda. Pelayanan PLN gratis 24 Jam.
Pelayanan teknis PLN yang ditanggung adalah mulai dari MCB kwh, Kwh dan kabel menuju ke atap rumah dan tiang listrik. Jadi jika ada peralatan/material tersebut yang bermasalah PLN akan mengganti dengan gratis.
  • MCB pada PHB/Sekring Rusak, namanya peralatan pasti ada life timenya. Tanda MCB rusak seperti tidak bisa di ON kan, bisa juga tidak mengeluarkan tegangan (pada posisi ON) tes dengan Tespen atau AVO meter jika punya. Jika memang benar rusak anda bisa menggantinya sesuai rating arusnya. Anda bisa dapatkan pada toko listrik/toko bangunan
  • MCB  pada kWh Meter/ kWh Meter rusak, ini merupakan area tanggungan PLN maka anda wajib hubungi PLN di call center (kode area) 123. Anda tidak boleh memperbaiki sendiri, ataupun tukang listrik sekalipun. Hanya pihak PLN yang berwenang karena berkaitan dengan transaksi dan keamanan listrik.
2. Listrik Mati/Padam Sebagian
  • Periksa pada kotak PHB/Sekring, lihat dan periksa apakah ada MCB yang OFF atau rusak (tes dengan tespen).
  • Jika kotak PHB/sekring anda hanya memiliki 1 MCB maka kemungkinan masalahnya adalah pada instalasi listrik anda. Kemungkinan ada kabel yang putus. Jika anda awam tentang instalasi listrik sebaiknya gunakan tukang listrik, karena lingkup pekerjaannya lebih rumit, bisa naik ke atas plafon dan menemukan jalur kabel instalasi listrik yang bermasalah.
3. Listrik konslet/ Short
  • Bedakan antara listrik konslet/shot dengan listrik padam. Listrik konslet/short harus diperbaiki dahulu penyebab konslet/short baru kemudian bisa dinyalakan kembali. Jika listrik padam maka tinggal dinyalakan saja. Instalasi short/konslet ditandai pada saat anda menaikkan/ON MCB maka akan trip kembali kadang-kadang diikuti keluar percikan api. Jika anda mempunyai filling penyebab terjadinya konslet seperti anda pernah memasang lampu SL murahan atau peralatan elektronik yang lainnya maka anda lepas dulu kemudian MCB dinaikkan kembali. Jika masih konslet maka lebih baik anda memanggil tukang listrik.
4. Lampu Mati
  • Jika anda baru saja mengganti balon lampu tapi tetap tidak menyala maka kemungkinan paling mudah adalah kerusakan pada saklar atau pada fitting lampu. Coba anda periksa biasanya saklar dirumahi semut. Kemudian untuk fitinngnya kerusakan yang sering terjadi adalah plat ujung fiting tidak menyentuh pantat bola lampu.

Catatan : dalam setiap memperbaiki instalasi listrik anda harus mematikan MCB pada Kwh dan Sekring dan gunakan tespen untuk memastikan ada tegangan listrik atau tidak. Ini penting demi keselamatan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar