Senin, 27 Mei 2019

HEATER BREATHER MERK COMAM SDB ERROR

Breather Merk Comam SDB untuk Trafo 150/20 kV
Selamat Siang,

Saya akan berbagi pengalaman reset dan penggantian hardware Breather Trafo merk COMAM SDB.

Pernapasan atau breather Trafo 150/20 kV ada 2 yaitu pernapasan untuk Main Tank dan OLTC. Trafo perlu bernafas karena naik turunnya volume minyak didalam trafo akibat dari pembebanan trafo dan cuaca. Misal pada kondisi beban yang sama untuk malam dan siang hari tentu saja volume minyak pada siang hari lebih banyak (memuai) sehingga udara di dalam trafo keluar begitu juga pada malam hari minyak menyusut dan udara masuk ke dalam trafo. 


Untuk menyaring udara yang masuk ke dalam trafo benar-benar kering maka dipasang silicagel pada ujung pernapasan trafo. Silicagel ada bermacam-macam jenisnya salah satunya adalah yang berwarna biru saat masih bagus dan berubah warna menjadi putih kemudian menghitam saat sudah jenuh. Adapula yang berwarna orange saat masih bagus kemudian berwarna putih saat jenuh.

Breather tanpa heater yang hanya menggunakan silicagel saja adalah generasi yang lama. Saat ini trafo baru sudah menggunakan breather dengan heater dan didalamnya adalah sejenis pasir kuarsa. Dengan teknologi ini pasir kuarsa bisa dibilang "abadi" selama heaternya bekerja otomatis.

Untuk trafo yang menggunakan silicagel, jika silicagelny sudah jenuh bisa dikembalikan dengan cara dipanaskan dengan blower (suhu 500 C) sampai berubah warna menjadi biru atau orange (atau kembali ke warna awal saat kondisi silacagel masih baik).

Ok kembali ke Breather COMAM dari SDB yang sekarang berada di bawah ABB (2019). Breather COMAM ini memberikan garansi 5 Tahun ke pabrik trafonya. Jadi jika terjadi error dalam masa garansi segera hubungi pabrik trafo nya, jika terjadi kerusakan pada hardware CPU nya harganya lumayan sekitar 30 Jt (info dari teknisi nya), itu baru materialnya saja belum jasa pemasangan.

Ada 2 masalah yang terjadi di tempat kami yaitu 
  1.  Error (LED Merah Menyala) kemudian bisa direset kembali
  2.  Layar dari Heater Blank tetapi status indikatornya normal.
Untuk masalah yang pertama terjadi pada Breather OLTC. Control Heater yang terpasang adalah Generasi yang ke 2 , ditandai dengan tombol reset di depan. Hal yang dilakukan adalah Factory Reset, jadi lebih baik download dulu datanya (menggunakan kabel printer).
Berikut cara factory reset Breather COMAM SDB Generasi III untuk generasi II ada keterangan di bawah gambar 1.
1
 Untuk generasi ke 2 tombol reset letaknya di depan , jadi tombol left bottom (green ring) diganti dengan reset di depan.
2
3

Untuk masalah yang kedua yaitu layar blank kita lakukan penggantian hardware nya. Diganti dengan Hardware generasi III. Perbedaan generasi III dengan II adalah generasi III ada fuse dan varistor yang terpasang tidak permanen d board PCB jadi jika terjadi overvolatge supply dan fuse putus maka Fuse dan varistor harus diganti sekaligus.
CPU Generasi III


Untuk Breather OLTC dengan Main Tank ada sedikt perbedaan, pada Breather OLTC hanya ada 1 tabung heater sehingga pada saat heaternya sedang operasi maka pernapasan akan dialihkan melalui brether Main Tank (Terdapat selang dari valve samping breather OLTC ke arah valve depan breather Main tank). Untuk Breather Main Tank ada 2 Tabung yang bekerja secara redundant (bergantian).

OK sekian dulu nanti akan saya update lagi...
Salam berbagi semoga ada manfaatnya
Suksma....

1 komentar:

  1. Mau nanya pak kalo didisplay muncul fan1fail kenapa ya pak trs langkah meresetnya gimana

    BalasHapus